Senin, 19 Juli 2010

ILMU FACADE


PENDAHULUAN

Facade(tampak luar bangunan)adalah tampilan pertama kaliterlihat pada suatu bangunan.

facade menentukan penampilan yang berbeda pada setiap bangunan dan menyiratkan tujuan dari perencana dalam merancang bentu sebuah bangunan.

Facade merupakan ekspresi yang bersifat individual dan unik pada setiap bangunan baik pada bagian interior ataupun eksterior nya.yang berfungsi sebagai peralihan antara bagiam dalam dengan luar bangunan itu tersbut atau dapat juga sebagai peralihan antara bangunan tersebut dengan bangunan lainnyadi sekitarnya.

kata "FACADE" berasal dari bahasa latin "FACES" atau "FACE" dalam bahasa inggris dengan kata lain adalah tampak suatu bangunan dan kata "FACCIATE" atau FACCIA dalam bahasa itali dalam perkembangan nya menggambarkan suatu tampak dalam kaitannya dengan sisi atau kulit luardari suatu bangunan yang memiliki lestabilan dalam konstruksi.

pada abad ke-16 FACCIATE tersebut menjadi penting dalam ilmu arsitektur d perancis yang kemudian disebut FACADE dan istilah ini kemudian digunakan hingga saat ini.

FACADE yang dimaksud adalah yang berkomposisi alluminium dan kaca ataupun ada material lain sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan suatu bahan secara unom di kenal dengan istilah "CURTAIN WALL".

Jadi FACADE atau CURTAIN WALL adalah penutup/pelindung/dinding luar suatu bangunan terhadap pengaruh cuaca baik berupa angin,hujan,debu,maupun binatang-binatang kecil,panas matahari/cahaya/sinar matahari maupun ultra violet,panas,suara,bau dan kenyamanan visual matadan dimana itu merupakan faktor eksternalyang mempunyai pengaruh fungsi dalam ruangan(internal),kenyamanan ruangan baik pendingin ruangan dan kenyamanan visual.

FACADE atau CURTAIN WALL  system pada suatu bangunan memiliki keunggulan dari system lainnya seperti system WINDOW WALL terutama pada pembebeanan struktur baik secara partial maupun total dari pembebanan bangunan tersebut.komponen terbesar CURTAIN WALLyang terbesar adalah alluminium,kaca,composite panel sedangkan pada WINDOW WALL system terdapat pasangan bata atau beton pada sekelilingnya sehingga mengurangi luas ruangan yang terdapat jika di bandingkan dengan CURTAIN WALL system.

keuntungan-keuntungan dalam penggunaan curtain wall adalah sebagai berikut:

1.Waktu pekerjaan secara keseluruhan:

bagian-bagian dari CURTAIN WALL dapat di fabrikasi workshop/pabrik/bengkel dan dapat dilakukan secara bersamaan saat pondasi bangunan juga mulai dapat dikerjakan.hal tersebut akan menghemat durasi konstruksi secara keseluruhan baru CURTAIN WALL dapat di setting/di pasang saat struktur selesai di kerjakan.

2.Ringan

CURTAIN WALL lebih ringan daripada material exterior lainnya,seperti beton pre-cast,pasangan bata dan lain sebagainya.

3.Alat Bantu

alat bantu (temporary construction)yang sederhana.sehingga menghemat total biaya alat bantu selama konstrusi ber langsung.

4.High Performance

CURTAIN WALL memiliki kemapuan unyuk mengisolasi seluruh pengaruh yang berasal dari luar bangunan terhadap kondisi interior bangunandan mendapatkan pula space ruangan yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar